inilah sejarah Monas….!

monas 2009

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah salah satu dari monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda.

Sejarah

Monumen Nasional yang terletak di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, dibangun pada dekade 1961an.

Tugu Peringatan Nasional dibangun di areal seluas 80 hektar. Tugu ini diarsiteki oleh Soedarsono dan Frederich Silaban, dengan konsultan Ir. Rooseno, mulai dibangun Agustus 1959, dan diresmikan 17 Agustus 1961 oleh Presiden RI Soekarno. Monas resmi dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Pembagunan tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terbangkitnya inspirasi dan semangat patriotisme generasi saat ini dan mendatang.

Tugu Monas yang menjulang tinggi dan melambangkan lingga (alu atau anatan) yang penuh dimensi khas budaya bangsa Indonesia. Semua pelataran cawan melambangkan Yoni (lumbung). Alu dan lumbung merupakan alat rumah tangga yang terdapat hampir di setiap rumah penduduk pribumi Indonesia.

Lapangan Monas mengalami lima kali penggantian nama yaitu Lapangan Gambir, Lapangan Ikada, Lapangan Merdeka, Lapangan Monas, dan Taman Monas. Di sekeliling tugu terdapat taman, dua buah kolam dan beberapa lapangan terbuka tempat berolahraga pada hari-hari libur.

[via] id.wikipedia.org

About these ads

27 responses to “inilah sejarah Monas….!

  1. Monas bukannya mirip simbol VOC??

  2. Wow…mungkin banyak dari kita yang sebenarnya ngak tau ya ? keren infonya Boz…Thanks :)

  3. Wah, saya baru tau nama kalau udah lima kali ganti nama. Nice info bang haris….

  4. yes,aku nanti hari rabu ke monas hahahahahahahahah

  5. kabarnya tuh paling atas emas murni ya mas !? maklum, blom pernah kesana !
    kalau jatuh bisa ketindis emas dunk ya ? trus kalau dijual buat bayar utang indo, lumayan kali ya ?

  6. @atas gua:
    Segumpal gede tuh bukan mas semua. Dalemannya tembaga atau perunggu gitu. Emasnya cuma 35 kg doang buat ngelapisin luarnya aja.

  7. wiiihh kerennzz bgt infox mksih mumpung ada tugas dri skloah catet ahah

  8. Emas nya sapa yang Bikin???

  9. hidup indonesia……

  10. my name is...???

    kalw bsa bkin monas yg lbih tinggi lgi…
    krena skrang sdah bnyak gdung” yg mlebihi tnggi monas

  11. Ping-balik: aksi pemadaman lampu selama satu jam dipusatkan di Monas « harisAhmad

  12. monas juga lambang keperkasaan,
    ehehehehehe..

    salam kenal,
    ditunggu kunjungan balasannya.. :D :D :D

  13. emas nya brapa kilo …..menyusut ga tuh…kena panas. ma hujan…?

  14. Indahx Tugu Monas,,, lebih indah lagi kalu PRJ di balikin ke lapangan Monas lg, biar gak ribet jalanx, hehe

  15. Indahx Tugu Monas,,, lebih indah lagi kalu PRJ di balikin ke lapangan Monas lg, biar gak ribet jalanx, coz lokasix lebih stategis,,,hehe

  16. kapan yachhh bisa berkunjung ke MONAS lagi…

  17. sejarahnya lebih banyak lg donk biar kalau diprint waat tugas kan jadi banyak biar dikira anak pinter.hehehe trims.

  18. info : emas yang ada di puncak monas itu, berasal dari aceh, dan itu tidak pernah diungkap sejarahnya…
    smoga bermanfaat…

  19. koksimple bwangeeeet

  20. bukaannya mulai dibangun thn 1961 selesai thn 1964 bung

  21. bukannya mulai dibangunthn 1961 selesai thn 1964 bung

  22. yaa… seperti nanda bilang. salam!

  23. Ping-balik: Festival Monas 2011 Segera Digelar | harisahmad.com

  24. infonya bagus… minta bwat referansi tugas yaaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s