makan siang…

sayur-asemAri senen udah menjadi rutinitas dan kebiasaan untuk bebenah ama bersih bersih dapur, terutame yang masup pagi jem 7 ampe jem 12 waktunya pada kereja bakti gede gedean. Semuanya ngga ada yang boleh kelewat barang atu, kudu bersih, kudu higenis sesusei standar pemerentah dan kesehatan.

Suatu ari giliran Bangbang masakin buat keryawan, menunya udah dibikin ama Koh Bengcow, tukang belanja ama itung itungan pengeluaran, yaitu sayur asem, jambal goreng, mendoan buat yang gengsi makan ikan asin, sambel mentah, ngga ketinggalan kerupuk warna warni yang kalo makan dikit kurang, kebanyakan bibir bisa ledes.

Ngga lupa saban senen ditambain menu kusus buat kesehatan, kebetulan ntu ari giliran bubur cang ijo.

Jem 9-an kang sayur liwat nurunin sayur mayur ama barang kering dan bungbu bungbu laennya se-mubil kol. Si Bangbang puguh langsung seregep dongdong semuanya ke dapur, ngga lupa teken faktur surat tagian ke bos besar di kantor pusat.

Semuanya udah ada tempatnya untuk nyimpen, ada kulkas segede kontrakan petakan Mpo Nenen, tempat nyimpen sayur mayuran. Bangbang udah paham yang kudu dilakuinnya. Udahan kelar semua urusan, giliran dia nyiapin makan keryawan yang udah ditentuin sebelomnya.

Soal nasi putih ngga usah kuatir semua udah beres, beres dah kalo ama Bedul. Soal Minum juga udah beres, pagi pagi Caleuy langsung bikinin aer buat temen temennya.

Tinggal pencet setengah jem mateng, mao yang dingin tinggal pencet, cet jadi dingin, mao teh manis tinggal masupin biang teh ama gula caer, beres!. ‘Pokonya mao apa tinggal sebut’.

Kalo mao modol tinggal ke belakang.

Jem 11-an liwat udah rampung kerjaan Bangbang, ikan asin udah digoreng, kerupuk siap di toples, sambel udahan siap banget di wadahnya. Semuanya siap dibadok di meja. Sekarang giliran Mandor Daus yang kebetulan masup pagi, nyobain atu atu enak kaganya.

“Sedep sayur elu Bang! terasinya berasa banget, guriih!” kata Daus sembari celam celam nyobain sayur. “Pedesnya pas! asemnya juga pas!” kata Daus lagi. Apa juga enak kalo yang makan Si Daus!!.

Jem udah nunjukin jem 12-an, waktunya pada makan keburu orang orang kantor dateng ke lestoran untuk makan siang dan coffe break. Si Ojih yang napesnya udah ngos ngosan kecape-an ngosek comberan dapur, ternyata perutnya udah ngga tahan mao makan. Langsung ngga disuruh dia nyendok semuanya, ngga baca bismillah dia langsung ganyem sepiring mentung.

Belom 5 suap dia udah marah marah. “Sayur asem apaan nih! kaga berasa! kaga pedes! kaga asem!” kata Si Ojih nyolot. “Aseman juga ketek Roup!” Sindir Ojih ama Si Bangbang.

Si Bangbang cuma bisa diem terus mingser keluar nyari angin, sementara Si Ojih masing aja nyap nyap kaya nenek nenek ngga punya pulsa.

Saking keselnya dia masukin sambel semuanya ke panci sayur, dia aduk ampe rata. “Ini baru Sayur!’ katanya dalem ati. Ternyata ulahnya diem diem diperatiin Mamang. “Eh, elu udah gila! bisa moncor anak orang” tereak Mamang jaga wibawa.

“Kira kira dong!, dasar lidah kaleng!!!” kata Mamang kesel.

Iklan

One response to “makan siang…

  1. Ping-balik: Alhamdulillah makan enak « harisAhmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s