mat tebo…

inggris-rayaDulu waktu Ogut zamannya sekolah, waktu ntu masing SMP kelas satu-an. Ogut punya temen sebut aja Mat Tebo, orangnya kurus, jidat kaya kenongan, tinggi ngelayur semampai.

Saban pulang Ogut suka mancal di jalu sepeda bmx-nya. Maklum cari tumpangan, orang kata rumahnya dia ngeliwatin kampung ogut tinggal. Mat Tebo anak komplek, ngga perenah maen becek becekan, tangannya alus ngga perenah nyekel ’empet empetan‘. Kulitnya juga alus, ngga gusikan kaya anak kampung. Palanya wangi ngga bau sangit kaya bocah angon.

Suatu ari kira kira ari senen pas jem bidang studi basa inggris, aduh lupa siapa gurunya waktu itu, yang jelas orang perempuan. Namanya juga baru kenal basa inggris, ngga kaya bocah sekarang, baru berojol udah bisa nyebut mather and father, eit…!! gedean dikit masup play group. Kalo zaman ogut, bocah alus gedean dikit udah kudu ngaji ama guru.

Oia, pelajaran pertama kira kira pengenalan benda di seketar kita, sebelomnya di terangin elmu abjad ama hurup laten inggris, belajar ABC ama ngitung. Waktu ntu giliran ngenal warna warna, sesayuran, bebuahan, kenderaan, pokonya yang diliat se-ari ari.

“Basa inggrisnya Mubil = Car, basa inggrisnya Sepede = Bike, basa inggrisnya Apel = Apple, … dan seterusnya.”

Juga sebaliknya…
Red = Mereh, Bird = Burung, House = Rumah,… dan seterusnya”

Pokonya kita di suruh ngapal, suruh ngikut yang guru omongin ama buku bacaan.

Nah, hampir 2 jem giliran bu guru balik nanya ke murid murid. “Siapa yang bisa ngacung terus maju!” kata bu guru. Terus bu guru nulis di papan bor kata kata basa inggris, kita di panggilin suruh nerjemahin, ngartiin ke basa endonesia. Atu atu pertanya-an di lemparin, ada yang bisa, ada juga yang di tanya cuman bengong, ada yang nyengir kuda, ada juga yang mesem mesem kaga ngarti.

Giliran dah Si Mat Tebo di panggil suruh ngisi tulisan di papan bor.
Carrot = …..
Cucumber = …..

Eh, Dia isi begini
Carrot = Mubil Roti (car=mubil rot=roti)
Cucumber =Ember

Aduh!…Aduh!…Mat Tebo….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s