kawin di gedong

gedung-pernikahanBulan Suro kemaren, kampung ogut dibikin rame, orang orang kampung pada ngomongin Mpo Linah yang bodinya bening, semok, padet kaya lepet, orang paling kaya se-kampung.

Maklum warga keturunan, betawi benteng kata orang. Bisnisnya dimana mana, kontrakan aja ada kali 30 pintu, beloman usahe sembakonya, beduyun duyun langganan-nya.

Orang kata nih, anak bontotnya Si Ain yang demplon mao digambrengin orang kulon, perjaka tua tapi kaya. Kerjenye aja kontraktor, alias bos kontrakan juga. Pantes anaknya ngga bole be-gaul ama pemuda kampung, takut melarat!. Pantes juga Si Junet yang pengangguran patah hati!

“Mpo!, inget! banda ngga dibawa mati!…..”

Emang orang yang pertama di kampung yang kawin kaga di rumah alias di gedong, di Bale Rakyat samping pasar impres. Hiburan lengkep mulain cokek, gambang, ngga lupe layar tancep. Aduh, bikin Anton jeger kampung gelisah ngebayangin cokek yang bohay, munjung depan belakang.

Masya alloh, Sehat dah!.

Mpo Linah sape yang mao di undang? Palingan relasi doang, kesian pan orang kampung. Boro boro kondangan, milih baju aja bingung.

Nahlu, kenyataan laen. Orang orang dateng bererot, ngga kecil ngga gede, bocah alus ampe aki-aki pada dateng, rapih, kelimis pada!. Waduh ada angin apa? Ternyata kesiar kabar yang yang dateng bakalan makan besar! Peste! ngga lupa dangse. Kalo begitu belom tengari makanan tinggalan timun doang?

Ngga nape dah ‘po belom tengtu setaun sekali ngawinin! Apalagi kawin ama mpo?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s