GANYONG bukan GANYANG

pohon ganyongIni bukannya lagi ngomongin GANYANG ato ganyang meng-ganyang. Ogut mao bagi cerita jaman dulu waktu Ogut belom sunat. Apa sabab keingetan yang begini, jamak aje deh kalu abing ujan, perut wareg bisa jadi keroncongan, hawanya bikin lapar. Bener ngga tuh? Tanya Si Jemih….

Yang enyak pan singkong rebus ato ubi, ato juga kimpul, ade juga tales, tapi ade lagi yang agak manis yakni GANYONG. Apaan tuh?

Ganyong (Canna discolor L. syn. C. edulis, suku kana-kanaan atau Cannaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi ganyong mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Ganyong masih berkerabat dekat dengan kana hias.

[via] id.wikipedia.org

Anak jaman sekarang banyak yang ngga tau, taunya Kentaki ato sebangsanya. Lupa tradisi ame lupa leluhur. Mumpung masing gerimis anyu kita ngeteh ngeteh pake singkong aja yang gampang dicari. Anyu…..Nyu….Nyu… Nyuuuuuu….

4 responses to “GANYONG bukan GANYANG

  1. He…he…kirain ? 🙂

  2. Ping-balik: rejeki dari langit « harisAhmad

  3. Ping-balik: Nama Gua Gayus « harisAhmad

  4. Aduh saya jadi ingat ganyong rebus dan juga garut rebus, keduanya manis rasanya. Dulu juga sering makan gembili dan uwi. Kalau disini di Melbourne, tales dan kimpul ada di Asian shop. Yummy/sedap dan sehat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s