Asik… Jakarta mau dibangun kereta MRT

JAKARTA, KOMPAS.com — Beberapa stan di Hall B Jakarta International Expo, banyak pengunjung tersedot mendekat ke sebuah kereta api krem bergaris hijau. Kereta ini merupakan bagian dari sosialisasi proyek mass rapid transit (MRT).

MRT merupakan sistem angkutan massal yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah besar. “Dalam sehari penumpang yang bisa terangkut 70.000 orang,” kata Edo, Koordinator Tim Eksibisi MRT, saat ditemui di stan MRT Jakarta, Jumat (19/6).

Layaknya sebuah stasiun, para pengunjung mesti melewati pintu masuk dengan membeli tiket lalu memasuki pintu bersekat 3 buah. Seorang sales promotion girl (SPG) membagikan stiker bertuliskan MRT (mass rapid transit) seperti hendak menyimulasikan pemberian tiket sesungguhnya.

Setelah memasuki pintu bersekat 3 itu, para pengunjung menuju kereta. Namun, sebelum masuk, di situ ada kaca yang menutup jika kereta belum datang dan membuka saat kereta datang. “Tujuannya supaya penumpang tidak jatuh ke rel,” jelas Edo saat ditanya apa fungsi kaca tersebut.

Menurut Edo, rencananya MRT ini terdiri dari 6 gerbong, dengan masing-masing gerbong bisa menampung 250 orang. “Jadi, sekali angkut bisa membawa 1.500 orang,” kata Edo.

Menurutnya, pembangunan MRT tahap pertama dimulai dari Koridor Lebak Bulus Jakarta Selatan menuju Koridor Dukuh Atas di Jakarta Pusat, sepanjang 14,5 kilometer. Dari jarak tersebut, 10,5 kilometer adalah jalur layang, sedangkan 4 kilometernya jalur bawah tanah.

“Pembangunannya dimulai tahun 2010 dan selesai insya Allah tahun 2016,” ungkap Edo. Proyek ini, tambah Edo, bernilai 144 miliar yen atau sekitar Rp 16 triliun. Dana ini sebagian besar berasal dari pinjaman Jepang dari Japan International Cooperation Agency (JICA) senilai 120 miliar yen.

sumber : kompas.com

bangkok train mrtsalah satu kereta MRT di Bangkok

Alhamdulillah, mudah mudahan BENER proyeknya jangan kaya Monorail, Ngga beres beres juga. Liat aja cuman tiang doang, OMDO (omong doang) tapi ngga ada hasil. Lihat juga Water Way, apaan tuh….?? Buang buang duit aja, karuan buat beli beras. Se-Jakarta WAREG!!

Ogut berharap banget Jakarta makin maju. Biar kata Ogut ngga ngerasain saat ini tapi anak cucu ogut bisa ngerasain kemajuan pembangunan kota. Jangan cuman jadi korban gusuran. Ogut dari Karet di gusur mingser ke pinggiran. Eh mao di gusur lagi.

Pegimane Pemerentah DKI urusannya ini!!! (maaf maaf nih) Mao ente di sumpahin orang Betawi se-Jabotabek, muntah darah ente!!!! Mending, kalo di sumpahin gempor!.  (Maaf maaf nih ye, abing ngeselin pade. Wajarlah orang kecil cuman bisa ngedumel ame protes).

Ayu deh kita rame rame benahin Jakarta!

Iklan

3 responses to “Asik… Jakarta mau dibangun kereta MRT

  1. Mantab nih Boz klu sudah jadi…. 🙂

  2. mantab apa nya itunya

  3. Bakalan tambah padat jakarta kayaknya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s