festival palang pintu

Palang pintuUntuk kelima kalinya Festival Palang Pintu (PP) akan digelar tahun ini pada Sabtu (1/8) sampai Minggu (2/8), di Jalan Kemang, Jakarta Selatan.

Acara tahunan ini bertujuan untuk meningkatkan pariwisata dan berbagai kesenian, khususnya budaya Betawi. Acara yang bertajuk “Palang Pintu” ini berlangsung selama dua hari, di Jalan Raya Kemang, Kelurahan Bangka, Mampangprapatan, dan akan dibuka Gubernur DKI Fauzi Bowo.

Kegiatan yang digelar di bahu dan badan jalan ini sekaligus mengakibatkan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas. Warga diimbau menghindari kawasan itu bila tidak ingin terjebak dalam kemacetan.

Lurah Bangka, Somad, Kamis (30/7) mengatakan, acara ini digelar untuk mempertahankan ciri khas budaya Betawi yang ada di kawasan Kemang. Namun demikian, lanjutnya, acara ini tidak hanya mempertunjukkan sejumlah kesenian Betawi, tapi juga bazar murah berbagai produk dan aneka makanan khas Betawi. Puluhan stan akan berderet menyajikan berbagai produk seperti pakaian, aksesori, dan benda seni.

Para pengunjung Festival Palang Pintu juga bakal disuguhi tarian etnik Nusantara. Sebagai tempat bermukimnya para turis asing dan ekspatriat, tarian yang disuguhkan tidak hanya dari dalam negeri.

Tarian etnik mancanegara seperti dari Jepang, Korea Selatan, dan India juga ikut meramaikan ajang festival yang rutin digelar setiap tahun ini.

Penutupan badan Jalan Kemang Raya dimulai Sabtu (1/8) pagi. Penutupan arus lalu lintas dimulai dari pertigaan Jalan Kemang Raya atau Kemang Selatan di depan restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken (KFC) hingga perempatan Jalan Kemang Utara.

Jumat (31/7) ini, Jalan Kemang Raya di bagian tengah bisa dipergunakan atau dilewati kendaraan hingga pukul 16.30.

Kendaraan yang akan melintas di Jalan Raya Kemang akan dialihkan melalui Jalan Kemang Selatan atau Jalan Raya Prapanca, Jalan Raya Pangeran Antasari atau Jalan Benda, dan Jalan Jeruk Purut.

Sementara bagi pengendara yang melaju dari arah Blok M menuju Cilandak bisa melalui Jalan Kemang Utara terus berbelok ke Jalan Kemang Timur menuju Jalan Raya Prapanca atau Jalan Kemang Selatan.

Kepala Sudin Perhubungan Jaksel, Tedy Sutisna, membenarkan adanya penutupan Jalan Raya Kemang sepanjang 1 km pada akhir pekan ini.

“Pada Jumat besok, (hari ini- Red) Jalan Raya Kemang masih bisa dilalui, tapi di bagian tengah saja, karena di kanan dan kiri jalan dipasang tenda untuk bazar dan panggung kesenian,” ujarnya.

Selain membawa nama baik wilayah Jaksel, lanjut Somad, Festival Palang Pintu kali ini diharapkan dapat memberikan daya tarik budaya Indonesia.

Acara ‘Palang Pintu’ biasanya dilakukan dalam upacara perkawinan adat Betawi. Keluarga calon pengantin pria mendatangi rumah calon pengantin perempuan, dipimpin seorang jawara. Si jawara mengetuk pintu rumah.

Pintu pun dibuka oleh jawara dari pihak perempuan. Lalu terjadilah tanya-jawab seputar keperluan pihak pria-termasuk berbalas pantun-sampai terjadi perkelahian. Mulai dari adu silat sampai adu golok. Singkat cerita, jawara pihak perempuan kalah. Lalu dilangsungkanlah acara akad nikah.

[via] wartakota.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s