Asik Lebaran lagi…

Images ketupat

“Hore hore besok lebaran lagi”

Sudare sudare besok kite lebaran lagi, Inget ye! Jangan ampe lupe! LEBARAN BETAWI Tempatnye di Bumi Perkemahan Ragunan. Ari saptu ame minggu tanggal 17–18 Oktober 2009.

Kite bisa makan enak disono, makan besar, makan gratis! Semue makanan Betawi ade, komplit pokonye. Hiburannye juga komplit mulain gambang ampe layar tancep. Tokoh tokoh betawi juga pade ngumpul. Anyo deh…

Haji Saik aje ude siap siap bawa anak cucunye…

Nyo…nyo…nyoooooooo!!!

Nih beritanye :

Untuk melestarikan salah satu tradisi budaya Betawi, Badan Musyawarah (Bamus) Betawi akan menggelar Festival Lebaran Betawi. Rencananya kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta Selatan, mulai tanggal 17-18 Oktober mendatang.

Ketua Umum Bamus Betawi, Nachrowi Ramli, mengatakan, Festival Lebaran Betawi ini akan dimeriahkan dengan berbagai kesenian serta sajian kuliner Betawi secara gratis bagi warga DKI Jakarta.

Lebaran Betawi merupakan tradisi budaya Betawi usai Lebaran dengan melakukan hantaran atau anteran. Hantaran tersebut berupa pemberian atau hadiah dari yang lebih muda kepada yang lebih dituakan. “Hantaran itu isinya segala macam makanan khas Betawi. Nilai yang terkandung adalah silaturahmi, jadi melalui festival ini ada hantaran dan silaturahmi dengan seluruh masyarakat Betawi dan masyarakat lainnya yang hadir di festival tersebut,” papar Nachrowi, Kamis (15/10).

Rencananya, acara ini akan dimulai dari pagi hingga tengah malam yang dimeriahkan oleh berbagai kesenian Betawi seperti gambang Kromong, Keroncong Jakarta, Wayang Kulit Betawi, Orkes Melayu, Ondel-ondel, dan hiburan layar tancap.

Selain kesenian Betawi, Lebaran Betawi juga dimeriahkan dengan sajian-sajian khas kuliner Betawi seperti nasi uduk, pecak gurame, gabus pucung, sayur asem, kerak telor, wajik dodol. Kemudian, tape uli, geplak, cendol, salak, dan bir pletok.

Festival ini diperkirakan akan mampu menyedot sekitar 10.000 orang yang datang dari berbagai wilayah di ibu kota dan sekitarnya. “Semua makanan khas dari lima wilayah Jakarta serta Kepulauan Seribu ada di Lebaran Betawi ini,” ujarnya.

Sebenarnya acara ini baru terselenggara sejak dua tahun lalu. Acara perdananya digelar di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. sedangkan yang kedua, akan digelar di Bumi Perkemahan Ragunan. Rencananya, kegiatan ini akan dijadikan sebagai agenda tahunan masyarakat Betawi. Namun setiap tahun, lokasi akan ditambil di tempat yang berbeda. Kegiatan ini juga sekaligus untuk mempromosikan dunia pariwisata Jakarta di mata nasional maupun internasional.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Lebaran Betawi, Buchari Syamsi mengatakan kegiatan ini juga untuk menghidupkan seni budaya milik warga Betawi. “Kesenian Betawi hampir punah maka dengan acara ini kami bermaksud ingin menghidupkannya kembali,” ujarnya

[via] beritajakarta.com

Iklan

21 responses to “Asik Lebaran lagi…

  1. Ogut PERTAMAAAAAAAAAA…………..
    (sebelum Bang Alam dateng)
    insyaalloh Ogut hadir…..

  2. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    lagi-lagi di dahului yang punya blog….
    Wakakakakakaakakk

  3. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Selamat buat hajatannya… Moga sukses, Bang!

  4. Kiraiiin lebarab kelompok aneh2 lg. 😀

  5. wah asik tuh, pasti ada geplak kalo gitu, sebab makanan kesukaan ku

  6. wah sahabat betawi nih. salam kenal sobat

  7. Waa… gak bisa dateng 😦

  8. Lebaran ngelinduuuuuurr yah…
    wakaaaakkkaaaakkk

  9. berarti ane harus dateng nih,…
    lumayang banyak gretongan…

  10. bener bener…jangan ampe negara ini dikenal karena mendatangkan artis bokep halahhhh hahahahhaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s