panen ubi

images dora

Ceita jaman dulu…

Sebut aja Si Bagol, perawakannya paling gede diantara temen temen sepermaenannya. Paling gede badannya, makannya paling banyak. Urusan perut nomer wahid, Bener! Tapi rada telat otaknya, maklum Tuhan kasih kelebihan kasih juga kekurangan.

Nah, masuk musim ujan biasanya di kampung lagi ada panen ubi. Makanan yang enak, empuk, dan lembut. Tentunya bisa over dosis karena dosis tinggi kalo di makan kebanyakan. Bisa empos emposan knalpot saban menit. Dat dut dat dut terus! Cobain deh!

Biasa udah waktunya nyorein, anak anak kampung yang pulang Madrosah pada maen, Pada keluar! Kalo ngga maen di lapangan yah maen di kebon. Kalo ngga dia pada maen di sawah. Maen PS nggak mungkin!! Listrik aja belom ada!!

Waktu itu Si Bagol, Si Ibra, Si Amir ama Si Rijal berempat kompak maen di lapangan. Pada maen apa tuh bocah? Resep banget!! Maen bola tendang yang bolanya dari plastik yang dikumpulin dari sampahan terus diiket. Bola plastik warungan beloman ada.

Lari larian bikin perut lapar!!

“Kita nyari makanan yuk di kebon Bang Nian!” kata Bagol sambil usap usap waduknya. “Pan kemarenan abis metikin ubi, kali aja ada sisaan yang bisa kita kodekin, lumayan pan buat isengan gegares!” kata Rijal nimpalin Si Bagol. “Pan pulang ngaji bisa kita bakar” kata Si Bagol nyamber.

Di kebon Bang Nian.

“Ssst pelan pelan, takut ada orangnya!” kata Amir bebisik. “Kita nyeplos lewat pager belah sono-an aja, gampangan nggak keliatan orang!” kata Si Ibra. “Tumben pinter luh Bra?” Saut Si Rijal bocah paling pinter.

Semuanya mulain ngodekin tanah nyari sisa-an ubi, biasanya masih ada ubi yang ketinggalan. Kalo mereka minta pun pasti di kasih Bang Nian. Namanya juga bocah, takut ngomongnya malah nyolong.

“Gua dapet nih, gede be-eng!” tereak Amir kegirangan. “Sssstttt diem diem takut ada orangnya” jawab Bagol ketakutan. “Gua juga nemu nih, lumayan lonjong” Kata Ibra mesem mesem. Nggak lama! “ Gua juga dapet nih dempet dua, mayan dah” kata Rijal bangga.

Setengah jam liwat Si Bagol masing aja belom dapet atu pun. Kasihan!

“Gol gol sini!” tereak Ibra manggil manggil Si Bagol. “Nih elu kodek dah, keliatannya ubinya gede, pulen tuh!” kata Ibra nahan ketawa. “Oia bener luh Bra, munjung banget tanahnya” jawab Bagol kesenengan.

Langsung aja dia kodek itu tanah! Yang ternyata “Bom” Si Ibra yang di uruk tanah lagi. Dasar Ibra anak jail tapi kalo di jailin lagi cengeng. Kinoy!!!

“Kok ubinya anget sih Bra?” “Kok lembek Bra kaya t*i sih???”

Amir, Rijal ama Ibra cuman ketawa nahan geli.

“Tuh, pan t*i!!!!” kata Si Bagol sambil nyium tangannya.

===

Ubi

UBI secara ilmiah nih!!!

Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya.

[via] id.wikipedia.org

Iklan

33 responses to “panen ubi

  1. (MAAF) SAYA PERTAMAAAAAAAAA………….

  2. ubi………………singkong kali……….enak tuh

  3. Hmmm, sekarang lg musimnya bisnis Ubi Madu, pas musimnya ubi gini banyak skali mnjumpai pnjual Ubi Madu terutama di daerah2 Jateng-DIY, cm saya sndri jg blm merasakan, lha saya orang ndeso mas udah bosen dgn nyang namanya ubi 😀

  4. bang haris kok gak disebut kan maen juga ama si bagol, trus yg dat dut paling bau juga bang haris kan?

  5. Assalamu’alaikum,
    disini ada ubikah??
    bolehlah bagi-bagi. he..he…
    salam kenal maz haris.

  6. Story jorok nih 😀

  7. ubinya warna merah muda… 🙂

  8. hahaha..sama aku waktu kecil ,pernah nguntil ubi ginian di kebun orang hahaah…..sementara in action ,yang punya datang…akhirnya kabur tanpa hasil soalnya yang dah digali dikumpul dulu..

  9. wakakak…”Ubi Panas” kesukaan Bang Haris ya?

  10. Mas Haris,
    Link Anda sudah saya pasang di sidebar Blog Sahabat.
    Btw, mohon diganti nama blog saya dari Blogdolar menjadi Blogodolar.
    Kurang O tuh Mas 😀

  11. wah,,hati2 tuh,,gara ubi semua kena alergi bau…

  12. Bloghicking pagi-pagi. Mengunjungi para sahabat, siapa tahu ada suguhan yang hangat.

  13. ubi yang merah lebih manis dr pada yg putih, cuma yg merah agak lembek, dan yg putih lebih pulen, benarkah ?
    Salam.

  14. Ping-balik: Alhamdulillah makan enak « harisAhmad

  15. udah lama saya gak makan ubi mas..
    jadi pengen..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s