waspada hujan dan banjir di jakarta

banjir jakarta

salah satu pemandangan banjir di jakarta

Tampaknya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus mempercepat proses penanggulangan banjir di Jakarta. Pasalnya, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memprediksi musim hujan tahun ini lebih cepat. Dalam sepuluh hari kedepan, wilayah barat daya termasuk Jakarta berpotensi hujan lebat.

Potensi tersebut dapat dilihat dari intensitas curah hujan sejak September 2008. Dimana sebagian Jakarta cenderung dinaungi awan tebal. Memang ada perbedaan suhu sehingga intensitas hujan yang turun lebih rendah yaitu 20-30 milimeter.

Perbedaan curah hujan yang datang lebih cepat karena faktor suhu permukaan air laut di Indonesia masih dipengaruhi hembusan uap air dari selatan.

Sejauh ini, memang baru sekitar Jakarta Selatan, Ciputat, dan Depok yang kerap dilanda hujan lebat dibanding bagian utara seperti Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Akibatnya, sebagian Jakarta selatan yang berada di cekungan kerap tergenang.

Dijelaskannya, curah hujan yang lebat di bagian selatan itu bisa terjadi pada siang hingga menjelang malam hari. Makanya, warga harus bersiap terutama yang bermukim di kawasan cekungan atau lebih rendah. “Karena potensi genangan bisa saja terjadi meski tidak terlalu besar,” pungkasnya. [sahruddin] [via] beritajakarta.com

Iklan

45 responses to “waspada hujan dan banjir di jakarta

  1. iya… berhati-hatilah warga jakarta….
    seperti jum’at kemarin… jakarta diguyur hujan sangat deres… yang akhirnya berimbas perjalanan pulang ku telat…. bayangin aja… pulang kantor jam 4 sore sampe rumah jam 9 malem

  2. waduh, siap2 ngungsi nih orang jkt.. ntar kalo perlu bantuan teriak aja ya 😀 😀

  3. Hujan….air yah…

  4. Hati-hati Om

  5. sabarrrr

  6. wkwkwkkkk…tumben gut, serius banget…btw di sini udah ujan yaa…ati2 yg tinggal di jakarta n sekitarnya, siap2 angkatin semua barang2 elektronik ke tempat yg tinggi, contohnya atap rumah…(loh…*.^)

  7. SEKEDAR BASA-BASI:
    wah, tiba tiba saya terdampar di sini.
    numpang baca baca dan kasih komeng ala kadarnya ya, Om.

    KOMENTAR TENTANG POSTINGAN INI:
    Jakarta parah sekali. hueh.
    Alhamdulillah kota saya kota Malang hujannya masih jarang jatuh dari langit.

    PENUTUP:
    terima kasih. mohon maaf. dan salam kenal 😮

  8. turutprihatin mode : on

  9. Jakarta Banjir…??? Udah langganan…wkwkwkwkkwkkk

  10. Pemerintah gak pernah mau belajar dari pengalaman2 selama ini, sistem drainase di jakarta tidak pernah di perhatikan.

  11. untung gw ga tinggal di jakarta…ehehehhe

  12. Siap payung sebelum hujan…bersihkan selokan sebelum banjir..

  13. waspadai juga penyakit musim hujan ya bang

  14. Jakarta…jakarta…nasibmu kini setiap tahun banjir

  15. numpang ngabalantak……
    wkakkakakakkakakakak 😀

  16. malming di warnet molo…..
    bini dianggurin tuch…… 😛

  17. iya neh…rumah saya udah mulai mencicipi ‘air banjir’

  18. bang masih kelelep? kok lom posting lagi 😀

  19. Kota Jakarta kena serangan lagi neh :D…. Kata media tradisi tahunan :D… sistem drainase dan penataan kotanya memang perlu perhatian serius.. apalagi banyak pembangunan yang semata-mata memanjakan konsumen dengan penanganan anti banjir yang justru kurang memperhatikan drainasenya :D… Banjir kanal timur yang didengungkan juga bukan berarti menyelesaikan masalah… lihat saja belum dibangun masalah sudah banyak

  20. Koq beritanya nyinggun tahun 2008 ?…apa Gw nggak salah ya ??

  21. Waspada Banjir…
    walaupun musim hujan belum begitu signifikan.
    namun kita harus waspada akan datangnya banjir.
    apalagi bagi kita yang tinggal disekitar wilayah yang langganan banjir.

    curah hujan memang belum meningkat.
    tetapi kita harus dari sekarang untuk tetap waspada menghadapi banjir.

    mungkin banjir sudah menjadi langganan bagi tiap2 daerah tertentu.
    dimana banjir ini diakibatkan oleh kita sendiri, yang masih saja membuang sampah sembarangan dan juga tidak menjaga lingkungan kita.

    marilah kita jaga lingkungan serta alam kita ini.
    agar dampak positif yang akan menghampiri kita.

    Iklan

  22. Ping-balik: Musim yang tidak menentu « Blognya Haris Ahmad

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s