Tag Archives: ganyang malaysia

Ekspansi bisnis Malaysia di Indonesia…

Hubungan Indonesia – Malaysia semakin memanas dalam beberapa pekan terakhir. Selain dipicu oleh Noordin M Top, gembong teroris asal Malaysia yang menjadi otak sejumlah ledakan bom di Indonesia, menghangatnya hubungan kedua negara juga disebabkan oleh aksi Malaysia yang mengklaim sejumlah warisan budaya milik Indonesia.

Belakangan hubungan kedua negara kian panas ketika Malaysia lagi-lagi mengklaim Tari Pendet yang benar-benar asal Bali ditampilkan dalam iklan kebudayaan Malaysia. Baca lebih lanjut

GANYONG bukan GANYANG

pohon ganyongIni bukannya lagi ngomongin GANYANG ato ganyang meng-ganyang. Ogut mao bagi cerita jaman dulu waktu Ogut belom sunat. Apa sabab keingetan yang begini, jamak aje deh kalu abing ujan, perut wareg bisa jadi keroncongan, hawanya bikin lapar. Bener ngga tuh? Tanya Si Jemih….

Yang enyak pan singkong rebus ato ubi, ato juga kimpul, ade juga tales, tapi ade lagi yang agak manis yakni GANYONG. Apaan tuh?

Ganyong (Canna discolor L. syn. C. edulis, suku kana-kanaan atau Cannaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi ganyong mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Ganyong masih berkerabat dekat dengan kana hias.

[via] id.wikipedia.org

Anak jaman sekarang banyak yang ngga tau, taunya Kentaki ato sebangsanya. Lupa tradisi ame lupa leluhur. Mumpung masing gerimis anyu kita ngeteh ngeteh pake singkong aja yang gampang dicari. Anyu…..Nyu….Nyu… Nyuuuuuu….

perang lagi – lagi perang

Waw! suit suiiit….
Cici ciut cici cuiiit…

Semakin panas negeri ini, bentaran lagi milih persiden baru, di ujung sano lagi gegeroan masalah perbatesan. Apa jadi kita perang? Untungnya ape?

Ati ati ah, yang untung bangsa asing!

Laen cerita di dunia goib (dunia maya) ngikut sibuk, perang urat sarap, perang pendapat, perang opini katenye. Coba sudare liat liat!

Ogut pribadi setuju banget kalo-pun kudu perang (perang sudara). Asal jelas sabab musababnya. Perang pilihan terakir kalo masalah ngga bisa diselesain bae bae.

Kata Alm. Kyai Fadholi kalo orang kurang ajar kudu kita hajar. Kalu uda ngga ngarti ama omongan kudu kita gedig.

Jayalah Negeri Ini…!!

Belom perang udeh jatoh?

Oh my god gusti, ade lagi pesawat TNI yang ngus-ruk nyublek jatok ke tanah. Belom lama jatoh, eh jatoh lagi, sekarang jatoh lagi. Pak Jenderal tulung dong pegimane urusannye kalo begini terus, jangan cuaca di salahin terus. Kalu cuaca disalahin terus Tuhan marah tau!. Ahh kamu mah…..!

Ogut jadi malu ati nih, beloman perang udeh jatoh duluan. Belom ikut perang prajuritnya udeh abis pade mati. Gimane nih??

Musuh diseberang “perbatasan” bisa ketawa PUAS.

Tapi Pak Jenderal ame para tentara jangan sedih, sekali lagi jangan sedih, Ogut jamin biar kate ngga bepunya pesawat canggih, ngga bepunya kapal induk, ngga bepunya kapal nyilem nuklir.

Tapi Ogut YAKIN kalo perang kita PASTI MENANG. Tenang aje Pak Jenderal, masing banyak kebon bangbu, masih lebar kebon bangbu di mane mane, pan bisa jadi jutaan bambu runcing buat senjata. Setuju!

bambu runcing

Hidup Indonesia!! MERDEKA!!