Tag Archives: ganyong

GANYONG bukan GANYANG

pohon ganyongIni bukannya lagi ngomongin GANYANG ato ganyang meng-ganyang. Ogut mao bagi cerita jaman dulu waktu Ogut belom sunat. Apa sabab keingetan yang begini, jamak aje deh kalu abing ujan, perut wareg bisa jadi keroncongan, hawanya bikin lapar. Bener ngga tuh? Tanya Si Jemih….

Yang enyak pan singkong rebus ato ubi, ato juga kimpul, ade juga tales, tapi ade lagi yang agak manis yakni GANYONG. Apaan tuh?

Ganyong (Canna discolor L. syn. C. edulis, suku kana-kanaan atau Cannaceae) adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi ganyong mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Ganyong masih berkerabat dekat dengan kana hias.

[via] id.wikipedia.org

Anak jaman sekarang banyak yang ngga tau, taunya Kentaki ato sebangsanya. Lupa tradisi ame lupa leluhur. Mumpung masing gerimis anyu kita ngeteh ngeteh pake singkong aja yang gampang dicari. Anyu…..Nyu….Nyu… Nyuuuuuu….